Cara Menghilangkan kebiasaan Buruk Anak

Posted by Eko Syamsuharlin 0 komentar
Rumah Dan Keluarga -  pernah kah anda merasa risih jika melihat anak anda melakukan kebiasaan buruk seperti, menggigit kuku, menghisap jempol atau jarinya, atau ngupil. dan tahu kah anda bahwa kegiatan tersebut adalah sumber penyakit?? nah kali ini saya akan berbagi tips pengenai cara menghilangkan kebiasaan buruk Anak

Selidiki Pemicunya!

Dari sejumlah penyebab di atas, ada baiknya Moms mencari tahu lebih lanjut apa yang sedang dialami oleh si kecil. Memang tak semua kebiasaan bisa disamaratakan, misalnya mengisap jempol.

Kebiasaan ini konon sudah dilakukan oleh janin sejak dalam kandungan dan menimbulkan rasa nyaman dan aman. Namun saat anak beranjak besar dan berada dalam situasi cemas lalu ia melakukannya untuk mengatasi beragam rasa cemasnya, maka hal ini menjadi hal yang tidak baik.

Sebaiknya Moms cari tahu apa penyebab si kecil melakukannya. Setelah mengetahuinya maka Moms bisa mengatasi kecemasannya. Mungkin saja ia cemas atau merasa stres karena baru pindah sekolah atau rumah, atau ia merasa belum punya seorang teman dekat yang bisa menjadi teman mainnya dan sebagainya.

Jangan lupa Moms! Meski kebiasaan ini bisa dipandang sebagai sesuatu yang “tidak mengenakkan orangtua” di mata banyak orang, sebaiknya Moms tidak serta-merta menghakiminya. Membentak, menyuruhnya berhenti dengan intonasi tinggi atau berteriak justru tidak menyelesaikan masalah dasarnya.

Habit Disorder

Perlu diketahui, keempat perilaku (gigit kuku, isap jempol, putar-putar rambut atau memasukkan jari ke hidung) bisa dikategorikan habit disorder atau gangguan kebiasaan. Mengapa? Karena individu yang bersangkutan tidak bisa mengatasi kecemasan dengan cara yang sesuai, dan jika dilakukan bisa menimbulkan luka.

Mengigit kuku, isap jempol, putar-putar rambut atau memasukkan jari ke hidung dapat disebut sebagai gangguan jika anak melakukannya dengan intensitas, frekuensi, tak kenal waktu dan tempat (dilakukan di mana saja. Baik itu di rumah, di sekolah maupun tak mengenal tempat atau melukai dirinya sendiri).

Jika tidak diatasi dapat saja berlanjut hingga ia besar dan jika ia masih melakukannya saat ia sudah besar, manifestasi hal ini bisa menjadi hal yang lainnya lagi dan ia tidak mempunyai kemampuan untuk mengatasi situasi terutama yang membuatnya cemas atau stres.

Modifikasi Prilaku

Yang harus Ibu lakukan antara lain:
- Cari tahu penyebab mengapa ia suka melakukan gigit kuku, isap jempol, putar-putar rambut atau memasukkan jari ke hidung dengan menanyakan pada si kecil secara baik-baik apa alasannya.

- Atasi masalahnya dengan memberi masukan supaya melakukan hal lain jika perasaan-perasaan tidak nyaman sedang datang.

- Lakukan kegiatan lain yang lebih menyenangkan agar ia bisa melupakan aktivitas gigit kuku, isap jempol, putar-putar rambut dan memasukkan jari ke hidungnya seperti memainkan boneka jari, bernyanyi, menari dan sebagainya.

- Hilangkan kebiasaan tersebut secara perlahan-lahan dan bertahap. Pada awalnya Moms bisa membolehkannya mengisap jempol di rumah, lalu berkurang hanya pada waktu tidur saja dan berkurang lagi seterusnya.
- Tidak ada jangka waktu yang tetap pada setiap anak, jadi Moms juga harus bersabar dan tetap konsisten agar si kecil mampu menghilangkan kebiasaannya.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Menghilangkan kebiasaan Buruk Anak
Ditulis oleh Eko Syamsuharlin
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://mymusiclocker.blogspot.com/2012/01/cara-menghilangkan-kebiasaan-buruk-anak.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment

If There something Problem With The Download Link, Please Put Your Comment, We Will Fix It As Soon as We Can..!!! Thanks

Belajar SEO dan Blog support Online Shop Aksesoris Wanita - Original design by Bamz | Copyright of My Music Locker.